Ini Dia Jadwal dan Tema Debat Pilgub Jawa Timur 2024 yang Bikin Seneng Bareng

 

Perwakilan KPU Jawa Timur sebagai narasumber dalam acara Media Gathering yang diselenggarakan di Luminor Hotel, Surabaya. (Sumber: Pribadi)

Setelah pindah ke kota Soto, Lamongan dan tidak lagi menjadi warga Jakarta dan Jawa Barat, saat ini saya telah beradaptasi menjadi warga Jawa Timur. Salah satu hak yang kini saya miliki adalah ikut serta menjadi pemilih dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.


Ajang Pemilihan Gubernur Jatim ini akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024 dan menurut saya cukup unik dan menarik. Bagaimana tidak? Seluruh calon Gubernur Jatim 2024 ini merupakan srikandi atau para perempuan, sedangkan para calon wakilnya semua adalah laki-laki. Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2024 tersebut adalah sebagai berikut.

1. Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim

2. Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak

3. Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asumta


Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam PilGub Jatim 2024. (Sumber: KPU Jatim)


Pilgub Jatim Seneng Bareng

Jumat, 11 Oktober 2024 kemarin sebenarnya badan saya terasa agak nggreges (demam alias meriang), apalagi suhu cuaca juga agak kurang bersahabat. Suhu dan cuaca di Lamongan bahkan mencapai rekor tertinggi se-Jawa Timur, yakni 38° Celcius dan terik matahari cukup panas kenthang-kenthang. Hal tersebut membuat saya agak berat untuk beraktivitas di luar rumah. 


Namun tagline Pilgub Jatim “Seneng Bareng” bikin saya mengukir semangat kembali untuk berangkat ke Surabaya dan menghadiri Media Gathering yang bertema "Sinergitas Peran Media dalam Mendukung Publikasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2024" yang bertempat di Luminor Hotel di kawasan Jemursari, Surabaya.


Blogger juga siap mendukung acara PilGub Jatim 2024 dengan turut menyebarkan info terkait bagi masyarakat. (Sumber: Pribadi)


Acara ini diadakan dengan mengundang sekitar 100 jurnalis, baik wartawan media cetak maupun online serta para blogger yang kali ini kebetulan seluruhnya perempuan. Kami diharapkan untuk turut mendukung publikasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2024 dengan menyebarkan informasi terkait. 


Tak lupa pula kami juga diharapkan turut menggaungkan semangat "Seneng Bareng" dan mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur menyambut gembira pesta demokrasi ini sehingga berlangsungnya pemilihan gubernur secara damai benar-benar terwujud dan tanpa menyisakan persoalan sebagaimana kita harapkan bersama-sama.


Acara yang diadakan dengan cukup santai dan penuh guyon, tetapi tetap fokus mendalami progres persiapan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bapak Nur Salam sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Bapak Popong Anjarseno selaku Kepala Bagian Partisipasi, Hubungan Masyarakat, dan SDM, dan Ibu Prahastiwi Kurnia Sitorosmi atau yang lebih akrab dipanggil Bu Thiwi hadir di tengah-tengah para jurnalis dan selalu siap menjawab petanyaan kami.


Suasana penuh keakraban dan terasa gayeng diselingi menikmati camilan membuat kami tidak merasakan beratnya membicarakan kontestasi yang semakin mengental dalam perpolitikan di wilayah Jawa Tmur ini. Suasana sangat cair antara KPU Jatim sebagai penyelenggara dengan rekan-rekan jurnalis terjadi karena keduanya telah berkomitmen untuk bersinergi dalam menyampaikan informasi penting kepada masyarakat luas terkait pilkada ini.


Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Pilkada Jawa Timur serta berdoa bersama dan langsung disambung dengan penjelasan yang fokus dengan pembahasan utama, yakni persiapan debat pasangan calon (paslon) Gubernur Jatim, tema debat, calon panelis debat, dan rapat umum atau kampanye akbar setiap paslon. Pak Nur Salam sebagai juru bicara langsung menyampaikan poin-poin tersebut dengan sat set dan mempersilakan para jurnalis untuk melakukan sesi tanya jawab.

 

Debat dan Rapat Umum Pilgub Jatim 2024

Selain persiapan mengenai alat kampanye dan peralatan untuk pilgub, seperti kertas suara, tinta, dan sarana lainnya yang hampir selesai dilakukan, persiapan lainnya terkait dengan Pilgub Jatim ini adalah debat dan rapat umum.

Mengenai Tema Debat Pilgub Jatim 2024, telah terdapat 6 rancangan yang telah dirilis oleh KPU Jatim, yaitu sebagai berikut.

  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  2. Memajukan daerah
  3. Meningkatkan pelayanan masyarakat
  4. Menyelesaikan persoalan/masalah di daerah
  5. Mensinkronisasikan arah pembangunan yang selaras antara daerah dan pusat
  6. Memperkokoh semangat kebangsaan dan kesatuan di NKRI

Keseluruhan tema tersebut akan menjadi acuan para panelis untuk merumuskan pertanyaan yang akan ditujukan kepada ketiga paslon. Tentu acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jawa Timur untuk mengetahui sejauh mana pandangan dan solusi yang ditawarkan oleh para paslon terhadap permasalahan dan kondisi riil di Jawa Timur. 


Apalagi paslon gubernur kali ini semuanya perempuan, tentu akan menjadikan momen ini semakin menarik. Ibu-ibu calon pemimpin daerah akan debat tentang kondisi Jawa Timur? Kebayang dong serunya kayak apa. Jadi jangan sampai ketinggalan acara ini karena bisa ketinggalan menyaksikan keseruannya.


Rancangan tempat atau lokasi debat Pilgub Jatim juga tak lepas dari persiapan yang dilakukan pihak KPU Jawa Timur. Pak Nur Salam menjelaskan bahwa acara debat akan digelar sebanyak tiga kali di tempat yang berbeda dan akan disiarkan langsung melalui media yang telah terpilih melalui proses konsorsium sebagaimana proses sebagaimana yang sudah dilakukan sebelumnya. Jadwal debatnya adalah:


1.     Debat Publik I pada tanggal 18 Oktober 2024 bertempat di Dyandra Convention Center yang beralamat di Jl. Basuki Rahmat 93-105 Surabaya dan akan disiarkan oleh Kompas TV dan TVRI.


2.    Debat Publik II pada taggal 3 November 2024 bertempat di Jawa Pos Arena yang berlokasi di Jl Ahmad Yani 88 Surabaya dan akan disiarkan oleh JTV dan CNN.


3.  Debat Publik III pada taggal 18 November 2024 bertempat di Grand City Surabaya akan disiarkan oleh MetroTV dan TVOne.


Selain melalui TV dan streaming yang dapat dinikmati secara gratis, debat Pilgub Jatim 2024 juga akan disiarkan melalui radio. Hal ini dilakukan untuk memenuhi hak saudara-saudara disabilitas kita agar dapat memperoleh informasi terkait debat dari ketiga paslon ini.


Pak Nur Salam selalu siap menjawab pertanyaan para jurnalis. (Sumber: Pribadi)


Panelis dalam debat pilgub Jatim direncanakan ada tujuh orang yang diambil dari unsur akademisi maupun profesional yang kini masih persiapkan oleh KPU Jatim. Para panelis akan merumuskan pertanyaan, menentukan tema debat, dan juga menentukan model debat yang akan berlangsung sebanyak tiga kali ini. Debat akan berlangsung selama 180 menit yang diselingi dengan 30 menit iklan layanan masyarakat dan akan terbagi dalam 6 segmen, mulai dari pembukaan hingga closing.


Update Rencana Rapat Terbuka Pilgub Jatim 2024

Dari kalangan jurnalis, pertanyaan terkait rapat umum atau yang biasa kita kenal dengan istilah kampanye akbar juga muncul. Pihak KPU sebagai penyelenggara juga turut memperhatikan hal tersebut sekaligus memberikan jatah kepada setiap paslon untuk melaksanakan rapat terbuka sebanyak dua kali. Jadwal yang diberikan berdasarkan update terkini yang dirilis KPU Jatim adalah sebagai berikut.


1. Rapat Terbuka Paslon Nomor Urut 1 akan dilaksanakan di Gresik pada tanggal 10 November 2024, sedangkan yang kedua akan dilaksanakan di Jombang pada tanggal 23 November 2024.

2. Rapat Terbuka Paslon Nomor Urut 2 akan dilaksanakan di Jember pada tanggal 10 November 2024 dan Surabaya pada tanggal 23 November 2024.

3. Rapat Terbuka Paslon Nomor Urut 3 akan dilaksanakan di Jember pada tanggal 27 Oktober 2024 dan di Malang pada tanggal 10 November 2024.


Bu Thiwi dan para blogger yang kali ini perempuan semua. (Sumber: Pribadi)


Lokasi dan jadwal waktu terkait debat dan rapat atau kampanye akbar ini memang cukup penting karena melibatkan perizinan dan koordinasi dengan instansi atau pihak keamanan terkait agar acara itu dapat terselenggara dengan aman, nyaman, dan tertib. 


Berkaitan dengan penyiaran acara debat, pihak KPU juga turut berkoordinasi dengan lembaga semacam PWJ, AJI, IJTI, dan KPI. Kerja sama yang harmonis dengan lembaga-lembaga ini diharapkan menjadikan PilGub Jatim 2024 ini benar-benar bikin warga Jawa Timur Seneng Bareng dan tidak menimbulkan masalah yang kontraproduktif. Oleh karena itu, dalam pemilihan gubernur Jatim kali ini, KPU Jatim sebagai penyelenggara acara berupaya semaksimal mungkin untuk menyiapkan dan melayani sehingga PilGub Jatim dapat terselenggara dengan lancar.


Nah, bagaimana dengan calon gubernur pilihan saya? Heuheuheu, kalau itu sih kita tunggu bareng-bareng tanggal 27 November besok aja ya, Temans. Semua pasti sudah punya jagoannya masing-masing. Tapi jangan lupa untuk senantiasa menjaga agar suasana tetap kondusif supaya kita bisa seneng bareng. Semoga PilGub Jatim 2024 ini terselenggara dengan aman dan damai dan menghasilkan pemimpin yang amanah demi membawa Jawa Timur semakin  maju dan berkembang.


0 komentar:

Posting Komentar