Jangan Ketinggalan! Ini Dia Daftar Panelis dan Tempat Debat Pertama Pilgub Jatim 2024

Berhubung agenda debat calon gubernur Jawa Timur sudah sangat dekat, maka pada hari Kamis, 17 Oktober 2024 sore, KPU Jawa Timur kembali mengundang pihak media, termasuk kami para blogger dalam kegiatan Media Briefing, Persiapan Debat Publik antara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kesatu.


Nur Salam, komisioner KPU Jatim Div. Sosdiklih dan Parmas dalam media briefing di Graha Unesa Kamis (17/10)


Meski kereta yang saya tumpangi telat tiba dan dihadang oleh kemacetan menuju venue, yakni Graha UNESA, Surabaya, tetapi saya tetap antusias hadir untuk mengetahui sejauh mana progres persiapan acara Pilgub Jatim yang dilakukan oleh KPU Jatim, khususnya mengenai siapa saja yang akan diundang sebagai panelis, tema khusus yang diangkat, dan teknis acara debat yang diselenggarakan pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Semua Panelis dari Kalangan Akademisi


Ketiga pasangan Cagub dan Wagub Jawa yakni Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak, dan Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) akan mengikuti debat publik perdana yang bakal digelar di Garaha Unesa, lantai 4 mulai pukul 19.30 dan disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan TVRI.


Nur Salam selaku Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim menjelaskan bahwa para panelis yang dihadirkan dalam debat besok harus memiliki tiga unsur kepakaran atau ahli dalam bidangnya, meliputi akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat. Namun rapat pleno KPU memutuskan bahwa ketujuh panelis yang akan dihadirkan pada debat perdana ini semuanya berasal dari kalangan akademisi dengan alasan keilmuan dan independensi.


Para panelis debat publik atau debat terbuka antarpasangan calon yang ditunjuk tersebut harus memenuhi kualifikasi, di antaranya mempunyai integritas, jujur, simpatik, bersikap netral serta tidak memihak kepada calon pasangan dan/atau tim kampanye pasangan calon. Oleh karena itu, tim perumus moderator dan panelis wajib menandatangani pakta integritas yang disiapkan oleh KPU Provinsi dan KPU kabupaten/Kota.


Adapun nama-nama panelis debat publik kali ini adalah sebagai berikut.


1. Prof. Dr. H. Achmad Muhibin Zuhri, M.Ag. (Ahli Pendidikan Agama Fakultas Tarbiyah & Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya).


2. Prof. Dr. Drs. Ec. H. Muhammad Syarif, M.Si, CMA, CRA. (Ahli Management, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura).


3. Adhitya Wardhono, S.E., M.Si., M.Sc., Ph.D. (Ahli Ekonomi Pembangunan, Fakultas aekonomi dan Bisnis Universitas Jember).


4. Dr. Sasongko Budisusetyo, CPA., CPMA. (Ahli Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya).


5. Dr. Ahmad Imron Rozuli, SE., M.Si. (Ahli Sosiologi Ekonomi dan Kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya).


6. dr. Hidayatullah, Sp. N. (Ahli Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo).


7. Dr. Rina Wahyu Setyaningrum, M.Ed. (Ahli Pendidikan Bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang).


Para panelis ini sengaja diumumkan pada H-1 sebelum pelaksanaan debat. Tujuannya adalah agar mereka tidak terganggu pekerjaannya sekaligus menjaga kerahasiaan di mana lokasi para panelis tersebut berada saat ini sehingga mereka bisa tetap fokus pada tugasnya. Meski demikian, informasi mengenai tema debat dan daftar panelis telah diinformasikan kepada tim kampanye para paslon sejak H-3.

Tempat dan Teknis Debat Pilgub Jatim 2024


Dalam Media Briefing ini, KPU Jawa Timur yang diwakili Pak Nur Salam juga menginformasikan bahwa acara yang semula direncanakan berlangsung di Dyandra Convention Center terpaksa dialihkan ke Graha Unesa, Jl. Citra Raya Laskarsantri Lidah Wetan, Surabaya karena tempat tersebut telah terikat kontrak dengan pihak lain.


Graha Unesa dipilih karena terbilang cukup representatif dan telah dikomunikasikan dengan para paslon. Debat perdana cagub dan cawagub Jatim 2024 yang mengusung tema utama "Transformasi Sosial dan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Lokal Untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur" akan dibagi ke dalam beberapa subtema, yaitu

  • Daya Saing dan Nilai Tambah Ekonomi,
  • Pendidikan,
  • Kesehatan,
  • Demografi, Kemiskinan, dan Kesenjangan,
  • Masyarakat Digital,
  • Ketahanan Sosial, dan
  • Penguatan Budaya dan Identitas Lokal.

Melihat tema yang terkait dengan integrasi keanekaragaman budaya di Jawa Timur ini, maka pada acara debat perdana ini para paslon diminta menggunakan kostum adat budaya yang ada di Jawa Timur. 


“Ini mencerminkan kekayaan budaya yang dimiliki Provinsi Jawa Timur. Kostum budaya boleh pakaian dari Mataraman, Madura, semua boleh,” kata Nur Salam.


Pilgub Jatim 2024, Seneng Bareng

Nah, jika ingin melihat keseruan para paslon gubernur dan wakilnya memaparkan visi dan misi mereka beserta tanggapan dan solusi yang mereka tawarkan terkait tema dan permasalahan yang ada di Jawa Timur, jangan lupa teman-teman bersiap nanti malam di KompasTV atau TVRI sejak pukul 19.30 WIB.


Saya sih jujur sangat tertarik menyaksikan acara debat perdana ini karena semua calon gubernur Jawa Timur adalah perempuan atau ibu-ibu yang punya kualifikasi mumpuni. Kebayang serunya ibu-ibu jika berdebat, apalagi menyangkut hajat hidup warga Jawa Timur. Siapa tahu bisa memberikan wawasan baru untuk memilih calon pemimpin ke depan nanti. Jadi, jangan lupa ikutan nonton ya, Lur!

0 komentar:

Posting Komentar